LAUNCHING BUKU & SAYEMBARA MEWARNAI: Diundur

e-comic “Susi Sang Bendahara Kelas” Diundur penerbitan dan penyelenggaraan Sayembara MEWARNAInya.

ALASAN:

Pengunduran ini karena adanya inspirasi dari kejadian pada suatu kegiatan literasi di sebuah taman kota di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

SEKILAS CERITA INSPIRASINYA:

Ibu Nirma Herlina Ghani adalah seorang guru yang sangat aktif dalam mempromosikan kegiatan literasi bahkan di luar tugasnya mengajar di sekolah.

Pada Hari Minggu tanggal 17 Februari 2019 lalu ketika beliau ngelapak di suatu taman kota, beliau disemangati oleh pernyataan dukungan Kadispora Rohul, Bapak Drs H. Ibnu Ulya, M. Si, pada Ibu Nirma Herlina dalam gerakan literasi masyarakat yang dijalaninya.

Pak Kadispora tersebut menyatakan, bahwa Beliau akan memberikan hadiah atas suatu lomba literasi yang diadakan oleh Bu Nirma.

Setelah saya dan Bu Nirma bertukar pikiran pada malam harinya. Kami berdua bersepakat untuk bekerja sama dalam Program Mewarnai E-comic Susi Sang Bendahara Kelas yang telah dicanangkan oleh Hidden Gems Story (HGS) sebelumnya.

IMPLIKASI DARI CERITA INSPIRATIF KAB. ROHUL:

Saya berpikir bahwa pegiat literasi yang aktif seperti Bu Nirma sangat banyak di seluruh penjuru Nusantara,  dan pasti masih banyak pejabat kabupaten/kota dan komponen masyarakatnya di wilayah lain di Indonesia yang mempunyai semangat yang sama dengan Pak Kadispora Rohul dalam memajukan kegiatan literasi.  Oleh karena itu saya mengundurkan rencana launching e-comic Susi Sang Bendahara Kelas beserta Sayembara Mewarnai-nya.

PERMOHONAN DUKUNGAN DARI PARA PEGIAT LITERASI LAINNYA:

Pengunduran Launching e-comic Susi Sang Bendahara Kelas dan Sayembara Mewarnai ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada para pegiat literasi di wilayah lain, untuk berkolaborasi dengan pejabat dan atau komponen lokal masing-masing dan kemudian bekerja sama dalam Program Mewarnai E-comic  Buku Susi Sang Bendahara Kelas.

Dan dengan berita ini saya memohon dukungan dari para pegiat literasi di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama seperti yang dilakukan Ibu Nirma Herlina.

SKEMA SAYEMBARA:

Dengan adanya ide diatas, maka skema sayembara menjadi sbb:

    1. Download E-Comic “Susi Sang Bendahara Kelas” di web HGS (Launching e-comic di web HGS diumumkan kemudian)
    1. Pilih minimal 5 halaman yang berurutan dari komik tersebut untuk diwarnai setiap peserta.
    2. Isi Formulir pendaftaran
    3. Sistem Seleksi.
    • Bagi Kota/Kabupaten yang mengadakan seleksi dan hadiah bagi pemenang lokal (seperti  Kabupaten Rokan Hulu), karya peserta diserahkan pada panita lokal.
      Panitia lokal kemudian akan menyerahkan karya pemenang lokal ke HGS untuk  diseleksi selanjutnya.
    • Bagi Kota/Kabupaten yang tidak mengadakan seleksi dan hadiah bagi pemenang lokal, karya diserahkan langsung pada ke HGS  (ikuti prosedur butir 5 dibawah).
  1. Kirim hasil mewarnai ke: sayembara.hgs@gmail.com  dalam kurun waktu yang akan ditetapkan HGS dalam waktu dekat.
  2. HGS akan menyeleksi 4 karya terpilih dari Sekolah Formal dan 4 karya terpilih lainnya dari sekolah Non Formal & Informal (Komunitas) untuk digabungkan menjadi e-comic Susi Sang Bendahara Kelas versi Berwarna dan menjadi Antologi mewarnai dari karya-karya terpilih.
  3. HGS akan memberikan Sertifikat digital untuk karya-karya terpilih.

SYARAT PESERTA:

a. Siswa Sekolah Formal (TK-SMA dan sederajat)
b. Sekolah Non-formal & Informat (Komunitas Homeschooling, TBM, PKBM, komunitas lainnya        dengan rentang usia sekolah atau usia 4-19 thn)

 

Salam

D.Herlina

Koordinator Eksekutif HGS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *