Waktu Sayembara diperpanjang

Mempertimbangkan usulan dari berbagai tempat dan karena kesibukan KBM di sekolah-sekolah dll,  maka event yang diadakan oleh Hidden Gems Story (HGS) diperpanjang.

Event yang dimaksud adalah Sayembara Mewarnai dan Sayembara Kisah, dimana 2 sayembara ini berdasarkan pada e-comic Susi Sang Bendahara Kelas yang HGS luncurkan bersama 2 sayembara ini.

Keterangan lebih lanjut tentang masa perpanjangan dan hal-hal lain berkaitan dengan event yang dimaksud, silakan buka tautan berikut: http://hidden-gems-story.com/sayembara-mewarnai-sayembara-kisah/

Hal ini tentu akan memberi kesempatan bagi adik-adik TK-SMA untuk ikut serta dalam event HGS.

 

 

23 Maret : Peluncuran e-comic dan sayembara

Ecomic “Susi Sang Bendahara Kelas”

SAYEMBARA MEWARNAI & SAYEMBARA KISAH
DILUNCURKAN PADA
HARI SABTU, 23 MARET 2019, PUKUL 23:00


Terima kasih pada IGI provinsi/kota serta para pegiat literasi yang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panitia lokal atas sayembara-sayembara ini.

HGS sangat menghargai Bapak/Ibu yang sudah menyatakan kesediaannya, walau permohonan bersifat mendesak waktunya dan walau dihubungi oleh orang dari komunitas yang tak dikenal sebelumnya dan juga tanpa adanya janji keuntungan materi baik bagi panita maupun peserta.

Di dalam suatu kota/kabupaten, dimungkinkan ada 2 tim kepanitiaan yaitu dari sekolah formal maupun komunitas, karena sistem seleksi akan memisahkan karya terpilih dari 2 kategori besar ini.

HGS masih membuka uluran bantuan dari  siapapun atau organisasi manapun yang berkenan menjadi panitia sayembara di kabupaten/kota masing-masing sampai dengan tanggal 03 April 2019.

Setiap anggota kepanitiaan dan organisasinya akan mendapatkan e-certificate dari HGS, oleh karena itu dimohon untuk mengirimkan daftar nama anggota kepanitaan masing-masing.

Proposal terbuka dari HGS akan sayembara-sayembara ini terlampir, silakan unduh bagi yang memerlukan.


Dan untuk sementara berikut wilayah-wilayah yang telah mempunyai Panita Lokal:

  1. Kabupaten Tabing Tinggi -Sumatra Utara (IGI Tabing Tinggi)
  2. Kabupaten Rokan Hulu – Riau ( TBM Nina)
  3. Kabupaten Kuantan Singingi -Riau (TBM Insani)
  4. Kabupaten Indragiri Hilir – Riau (Tbm kasih teluk belengkong)
  5. Kota Jakarta Timur – DKI Jakarta  (Literasi Berkaki & Yayasan Jaranan)
  6. Kabupaten Pringsewu – Lampung (Perpustakaan Komunitas Pringsewu)
  7. Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta (IGI Jakarta Pusat)
  8. Kota Jakarta Barat – DKI Jakarta (IGI Jakarta Barat)
  9. Kabupaten Sumedang – Jawa Barat (Panti Baca Ceria)
  10. Kabupaten Sumedang – Jawa Barat (IGI Kab. Sumedang)
  11. Kabupaten Banggai Kepulauan- Sulawesi Tenggara (IGI Banggai Kepulauan)
  12. Kabupaten Kolaka Utara – Sulawesi Tenggara (IGI Kolaka Utara)
  13. Kabupaten Belu – Nusa Tenggara Timuer (SMA Negeri 2 Tasifeto Barat Atambua)
  14. Provinsi Sulawesi Tengah (IGI Wil. Prov. Sulawesi Tengah)*

Adapun teknis dan skema pelaksanaan seleksi, HGS serahkan pada kebijakan panita lokal masing-masing.

 

LAUNCHING BUKU & SAYEMBARA MEWARNAI: Diundur

e-comic “Susi Sang Bendahara Kelas” Diundur penerbitan dan penyelenggaraan Sayembara MEWARNAInya.

ALASAN:

Pengunduran ini karena adanya inspirasi dari kejadian pada suatu kegiatan literasi di sebuah taman kota di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

SEKILAS CERITA INSPIRASINYA:

Ibu Nirma Herlina Ghani adalah seorang guru yang sangat aktif dalam mempromosikan kegiatan literasi bahkan di luar tugasnya mengajar di sekolah.

Pada Hari Minggu tanggal 17 Februari 2019 lalu ketika beliau ngelapak di suatu taman kota, beliau disemangati oleh pernyataan dukungan Kadispora Rohul, Bapak Drs H. Ibnu Ulya, M. Si, pada Ibu Nirma Herlina dalam gerakan literasi masyarakat yang dijalaninya.

Pak Kadispora tersebut menyatakan, bahwa Beliau akan memberikan hadiah atas suatu lomba literasi yang diadakan oleh Bu Nirma.

Setelah saya dan Bu Nirma bertukar pikiran pada malam harinya. Kami berdua bersepakat untuk bekerja sama dalam Program Mewarnai E-comic Susi Sang Bendahara Kelas yang telah dicanangkan oleh Hidden Gems Story (HGS) sebelumnya.

IMPLIKASI DARI CERITA INSPIRATIF KAB. ROHUL:

Saya berpikir bahwa pegiat literasi yang aktif seperti Bu Nirma sangat banyak di seluruh penjuru Nusantara,  dan pasti masih banyak pejabat kabupaten/kota dan komponen masyarakatnya di wilayah lain di Indonesia yang mempunyai semangat yang sama dengan Pak Kadispora Rohul dalam memajukan kegiatan literasi.  Oleh karena itu saya mengundurkan rencana launching e-comic Susi Sang Bendahara Kelas beserta Sayembara Mewarnai-nya.

PERMOHONAN DUKUNGAN DARI PARA PEGIAT LITERASI LAINNYA:

Pengunduran Launching e-comic Susi Sang Bendahara Kelas dan Sayembara Mewarnai ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada para pegiat literasi di wilayah lain, untuk berkolaborasi dengan pejabat dan atau komponen lokal masing-masing dan kemudian bekerja sama dalam Program Mewarnai E-comic  Buku Susi Sang Bendahara Kelas.

Dan dengan berita ini saya memohon dukungan dari para pegiat literasi di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama seperti yang dilakukan Ibu Nirma Herlina.

SKEMA SAYEMBARA:

Dengan adanya ide diatas, maka skema sayembara menjadi sbb:

    1. Download E-Comic “Susi Sang Bendahara Kelas” di web HGS (Launching e-comic di web HGS diumumkan kemudian)
    1. Pilih minimal 5 halaman yang berurutan dari komik tersebut untuk diwarnai setiap peserta.
    2. Isi Formulir pendaftaran
    3. Sistem Seleksi.
    • Bagi Kota/Kabupaten yang mengadakan seleksi dan hadiah bagi pemenang lokal (seperti  Kabupaten Rokan Hulu), karya peserta diserahkan pada panita lokal.
      Panitia lokal kemudian akan menyerahkan karya pemenang lokal ke HGS untuk  diseleksi selanjutnya.
    • Bagi Kota/Kabupaten yang tidak mengadakan seleksi dan hadiah bagi pemenang lokal, karya diserahkan langsung pada ke HGS  (ikuti prosedur butir 5 dibawah).
  1. Kirim hasil mewarnai ke: sayembara.hgs@gmail.com  dalam kurun waktu yang akan ditetapkan HGS dalam waktu dekat.
  2. HGS akan menyeleksi 4 karya terpilih dari Sekolah Formal dan 4 karya terpilih lainnya dari sekolah Non Formal & Informal (Komunitas) untuk digabungkan menjadi e-comic Susi Sang Bendahara Kelas versi Berwarna dan menjadi Antologi mewarnai dari karya-karya terpilih.
  3. HGS akan memberikan Sertifikat digital untuk karya-karya terpilih.

SYARAT PESERTA:

a. Siswa Sekolah Formal (TK-SMA dan sederajat)
b. Sekolah Non-formal & Informat (Komunitas Homeschooling, TBM, PKBM, komunitas lainnya        dengan rentang usia sekolah atau usia 4-19 thn)

 

Salam

D.Herlina

Koordinator Eksekutif HGS

 

Virtual Coordinator Training Batch 2

Latar Belakang mengikuti Training ini:

Saya bukanlah seorang guru, tetapi secara kebetulan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Virtual Coordinator Training Batch 2 yang diadakan Oleh The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Awalnya saya tertarik untuk mengikuti training ini karena melihat judulnya “Virtual Coordinator Training”, dan saya pada saat itu berpikir bahwa ini sesuai dengan apa yang selama ini saya kerjakan untuk Hidden Gems Story (HGS).

Setelah melihat flyernya dengan seksama, sepertinya arah agak berbeda, namun point-point pembelajarannya walau bagaimana pun sepertinya saya perlukan juga. Walaupun saya merasa mungkin saya akan ditolak karena saya bukanlah seorang guru, tapi saya tetap mencoba mendaftar.

suka-duka selama mengikuti training.

Training ini mensyaratkan setiap peserta untuk berperan sebagai host, moderator, dan pemateri; masing-masing sebanyak 2x.

Pada saat hari-hari pelaksanaan seminar sebagai tugas dari VCT ini… tantangan dari para peserta berkutat pada masalah signal, pulsa,  jadwal dengan pekerjaan, maupun masalah teknis dalam software/applikasi/hardware gadget yang dipakai, selain tentu saja mempersiapkan materi untuk presentasi juga.

Tantangan lain adalah pada saat akan mengumpulkan semua tugas. Sebagian peserta kesulitan dalam menemukan rekap absensi, rekap flyer dan rekap rekaman karena kegagalan rekaman presentasi. Dan saya mungkin salah satu dari yang terparah dalam menghadapi tantangan ini.

Walaupun tantangannya banyak, tetapi para peserta bersedia untuk saling membantu satu sama lain bahkan sebagian kadang bekerja sampai tengah malam atau bahkan dini hari. Para instruktur dan panitia inti juga tidak segan untuk menjawab dan membimbing kebingungan para peserta sampai tengah malam sekalipun.

Saya mengalami 3x gagal rekam untuk presentasi ke-1 karena rekaman yang saya ambil sendiri pada saat presentasi durasinya kurang dari 2 menit. Saya melakukan pengulangan presentasi dan ada 2 rekan yang membantu proses perekamannya, tetapi semua mengalami kegagalan. Akhirnya saya atas saran dan solusi yang diberikan oleh para instruktur dan panitia, saya melakukan perekaman ulang mandiri.

Masalah gagal rekam yang saya alami tidak berhenti sampai di presentasi ke-1. Pada saat presentasi ke-2, hasil rekaman juga kurang sempurna yaitu suara pada saat pemaparan materi dan saat tanya-jawab tidak terdengar.

2 peristiwa kegagalan rekam tersebut diatas, membuat saya ingin melampirkan intisari dari sesi tanya-jawab pada presentasi saya di halaman ini.

Ungkapan terima kasih atas training ini

Terima kasih banyak pada para instruktur, panitia inti dan SEAMEO yang tidak mengeluarkan saya dengan alasan yang saya kuatirkan.

Saya merasa tidak didiskriminasikan walaupun bukan guru, dan malah saya merasa ada ilmu yang perlu saya ketahui untuk para pegiat literasi dari materi-materi yang disampaikan oleh para peserta selain dari materi yang diagendakan oleh SEAMEO.

Terima kasih juga pada rekan-rekan sesama peserta yang bersedia untuk saling membantu dan saling melempar canda, walau kita semua baru kenal di dunia maya pada training ini.

USULAN pada SEAMEO atas training ini

Saya pribadi merasa bahwa SEAMEO mungkin perlu mengadakan pelatihan serupa untuk mereka yang terlibat dalam Gerakan Literasi Masyarakat (GLM),  tentu saja dengan adaptasi yang sesuai dengan atmosfirnya GLM.

Salam
D.Herlina
Koordinator Eksekutif HGS

 

SEGERA TERBIT…!!!

Hidden Gems Story (HGS) segera menerbitkan buku ke-2 yang mempunyai:

Tema      : Kecerdasan Finansial 

Judul     : Susi Sang Bendahara Kelas (hitam-putih)

Tebal     : 37 Halaman

Buku  ini menceritakan tentang bagaimana keseharian Susi, seorang anak SD, yang orangtuanya terbiasa mengenalkan edukasi finansial pada anak-anaknya.
maskot HGS akan hadir pula dalam memaparkan sekilas tentang sejarah perkembangan uang sebagai alat tukar. Dan juga tentang prinsip menabung.

 

Buku ini sengaja diterbitkan dalam bentuk komik hitam-putih dengan tujuan untuk DIWARNAI OLEH adik-adik

SD, SMP, SMU & Perguruan tinggi

S&K diberitakan menyusul ya, adik-adik…!!

Dan karya yang beruntung akan dikomentari oleh Illustrator senior dan ditampilkan di website HGS untuk diunduh oleh semua orang yang ingin mengunduhnya.

 

Tunggu kabarnya ya…!!!!

 

Lokakarya “Hak Cipta & Lisensi Creative Common”

Pekanbaru, 13 Januari 2019

Berkat rahmat & kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, Hidden Gems Story (HGS) telah menyelenggarakan Lokakarya “Hak Cipta & Lisensi Creative Commons” yang bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Riau yang menyediakan ruangan aulanya.

Dalam lokakarya ini, pemateri memaparkan secara umum tentang apa itu hak cipta dan hubungannya dengan semangat budaya bebas pada masa ini, dan kemudia memaparkan tentang Creative Commons berikut lisensinya.

Latar belakang hadirin cukup beragam ada yang tergabung dari komunitas-komunitas seperti TBM, seni, bloger, mahasiswa, guru/dosen, PNS.

Creative Commons mengirimkan wakilnya dari Jakarta, Sdri Fitri Ayu, yang sangat care dan berdedikasi pada lokakarya ini sedemikian sehingga ketika pertanyaan dari peserta tidak dapat ditampung dalam waktu yang dtentukan dalam lokakarya, pemateri bersedia untuk menampung pertanyaan lanjutan di Whatsapp group.

Whatsapp group ini direncanakan akan berjalan dalam 1 pekan, dan bahkan terbuka pada teman-teman penggiat literasi lain yang sebelumnya tidak sempat hadir di lokakarya Hari Minggu tanggal 13 Januari tersebut.

Semoga acara ini menjadi kontribusi bagi kobaran semangat berbagi yang sudah ada diantara para hadirin menjadi semakin luar biasa dan bahkan membuat semangat berbagi tersebut menjadi lebih elegan.

 

Salam

D.Herlina

Koordinator Eksekutif HGS

Lowongan Tim Penulis (Relawan)

Kami mengundang anda untuk menjadi tim penulis pada pembuatan sample buku cerita ke 2 yang akan diterbitkan oleh Hidden Gems Story.

Syarat & Ketentuan:

  1. Lingkup tema: Literasi Numerik, Kecerdasaan finansial, Perbankan
  2. Target Pembaca: SD
  3. Tujuan: Buku akan dibagikan pada para penggiat literasi di seluruh Indonesia.
  4. Pelamar: Terbuka untuk siapapun
  5. Tenggat:

Wawancara kandidat akan dilakukan sepanjang periode seleksi (17 – 20 Apr 2018)

Dalam tenggat ini, calon penulis BUKAN harus mempersiapkan naskah/tulisannya secara             utuh ; ini adalah masa dimana pihak HGS melihat sudut “chemistry” calon penulis dengan ide alur buku dan tema. Oleh karena itu lebih disukai jika calon penulis memenuhi syarat nomor 7 di bawah.

Pada tenggat ini calon penulis BOLEH mengusulkan juga kerangka ceritanya dulu.

Proses penulisan semua alur buku akan dikerjakan dalam tim (lihat point 8 dan 9  di bawah)

  1. Uang Saku:

Siap tidak mendapatkan uang saku jika sample komik ditolak pihak calon sponsor HGS.

Menyebutkan besaran uang saku yang diinginkan, jika sample komik diterima pihak sponsor.

Besaran uang saku yang diajukan menjadi salah satu pertimbangan  HGS dalam seleksi anggota penulis.

7. Mempunyai pengalaman dalam menulis cerita untuk anak (lebih disukai jika mempunyai             wawasan dalam kecerdasan finansial, keu dan atau perbankan), oleh karena itu lampirkan             contoh karya anda sebelumnya.

8. Dapat bekerja dalam tim untuk membuat alur dengan standar buku HGS

9. Mengerti Standar alur buku terbitan HGS, yang terdiri dari cerita, science (IPA, IPS) dan religi. Silakan download buku perdana kami untuk lebih jelasnya sebagai contoh alur buku.

 

Update Program untuk Penggerak Literasi

PROGRAM PENAWARAN BAGI PARA PENGGERAK LITERASI YANG KAMI LUNCURKAN PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2017 TELAH DIAKTIFKAN KEMBALI.


Kami mohon maaf atas penonaktifan program ini sebelumnya karena sesuatu yang diluar dugaan dan kuasa kami, namun sekarang kami buka kembali.

Saat ini  Hidden Gems Story melanjutkan penggalangan dana untuk pencetakan 8.500 buku komik  pada website dukung.id dengan link kampanye kami sebagai berikut: 
https://dukung.id/inisiatif/8-500-buku-komik-untuk-seluruh-anak-indonesia-dukung-gerakan-literasi-indonesia

Mohon bantuan teman-teman para penggiat literasi untuk menyebarkan link kampanye dana diatas.


Buku komik yang telah dicetak akan kami salurkan melalui Yayasan Pustaka Bergerak (Pustaka Bergerak Indonesia) :
https://www.facebook.com/pustakabergerak.id/
https://www.facebook.com/groups/287826228216481/about/

Jadi bagi anda yang menginginkan buku komik kami (hardcopy) silakan hubungi Pustaka Bergerak Indonesia.

Terima Kasih