FAQ sayembara mewarnai & sayembara kisah

Teknis diserahkan berdasarkan sikon dan kebijakan panitia lokal

Untuk karya mewarnai, sebaiknya di scan. Tapi bila sikon tidak memungkinkan (wilayah terpencil dsb) difoto kamera hp jg gpp.

Panitia Lokal adalah Panitia untuk menyeleksi karya siswa/i peserta di kota/daerah/komunitas/lingkungannya masing-masing.
Hal ini bertujuan: agar semakin banyak anak yang terapresiasi usahanya (bukan hanya karyanya saja).
Karena kesempatan apresiasi di tingkat lokal (kabupaten/kota) akan lebih besar dibandingkan jika HGS yang menyeleksi langsung dari berbagai kota di seluruh RI.
 
Panita Lokal juga dapat berfungsi sebagai pembimbing peserta dalam mengerjakan karyanya, jika perlu. Karena inti dari events ini adalah membantu kegiatan literasi.

Tidak, mereka tinggal mewarnai ecomic Susi Sang Bendahara Kelas. Silakan Download attachment pada bagian Sayembara Mewarnai & Sayembara Kisah di web HGS (ujung paling kanan web HGS).

Tidak ada batasan jumlah, semua tergantung kebutuhan dan kebijakan panitia

Boleh, silakan.

Tapi subjek email, tetap harus seperti yang HGS tentukan karena ini mempengaruhi sistem seleksi panitia inti HGS.

Events yang diadakan oleh HGS pada dasarnya adalah membantu kegiatan literasi masyarakat, dan HGS mengapresiasi usaha anda untuk mengikuti events ini walau dalam keterbatasan fasilitas dan infrastruktur di daerahnya.

Idealnya Panitia Lokal adalah penyeleksi di suatu kota tempat ybs tinggal.

Tetapi HGS tidak mengharuskan sebuah panitia menangani seluruh wilayah di kota itu, terutama untuk komunitas/pegiat literasi. Anda dapat menangani siswa/i yang ada di lingkungan anda sendiri (sekolah, TBM, atau lingkup wilayah daerah kerja lainnya). Walaupun sebaiknya anda bersinergi (baik dalam menyeleksi maupun membimbing siswa/i) dengan sekolah lain atau sesama pegiat literasi di kota anda masing-masing, 

Tidak ada batasan jumlah karya terseleksi dari panita lokal. HGS akan menerima berapapun jumlah wajar sesuai kebijkan dari Panita, dan memberikan e-certificate pada karya yang terseleksi oleh panita lokal.

Prinsip dari events ini dengan kepanitian lokalnya adalah MEMBERIKAN APRESIASI lebih atas USAHA dan tidak hanya karyanya saja. 

ini adalah alasan yang sangat prinsipil dari pendidikan. Kita saat ini seperti dalam dikotomi:

  • Mencari ilmu untuk nilai VS mencari ilmu untuk keterampilan/bekal hidup
  • Kompetisi VS Kerjasama
  • dsb

Setiap anak adalah pemenang sesuai dengan bakat dan minatnya dan dalam pacuan waktunya sendiri.

Maka ketika panita mendekati peserta dengan sikap yang sama dengan concern HGS dalam pembuatan karya siswa/i peserta dan bahkan menjadi pembimbing mereka dalam pembuatan karyanya itu sendiri; mudah-mudahan konsep keunggulan dalam mencari ilmu atau mengasah bakat untuk siswa/i dapat dilihat sebagai kompetisi dengan rekor pribadinya sendiri dan rekor itu juga merupakan buah dari kerjasama dengan pihak lain. 

Tetapi di sisi lain, karena keterbatasan tenaga relawan yang dimiliki HGS saat ini, maka siswa/i yang mendapatkan e-certificate adalah mereka yang karyanya terseleksi panita lokal dan panitia inti HGS saja.